Kelebihan menjadi seorang yang tersusun, berorganisasi ..

 Kalau seseorang itu sangat tersusun, teratur, orang itu akan dipanggil OCD - Obsessive Compulsive Disorder. Seseorang yang sangat mementingkan aturan, dan sangat berorganisai. 

"Apa itu OCD ?

 

OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder (Gangguan Obsesif-Kompulsif) adalah salah satu jenis gangguan kecemasan yang ditandai oleh munculnya pikiran obsesif yang mengganggu dan perilaku kompulsif yang berulang-ulang. Orang yang mengalami OCD cenderung terperangkap dalam pola pikir dan tindakan yang sulit dikendalikan, meskipun mereka menyadari bahwa pikiran dan perilaku tersebut tidak masuk akal.

Apa itu obsesi? Obsesi adalah pikiran, dorongan, atau gambaran mental yang tidak diinginkan dan mengganggu yang datang secara terus-menerus ke pikiran seseorang. Contohnya, seseorang dengan OCD mungkin memiliki pikiran yang berulang kali tentang kuman, kecelakaan, ketidaksempurnaan, atau ketakutan lain yang berlebihan.

Apa itu kompulsi? Kompulsi adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang sebagai respons terhadap obsesi untuk mengurangi kecemasan atau ketidaknyamanan. Misalnya, mencuci tangan secara berlebihan untuk mengatasi rasa takut akan kuman atau melakukan pengecekan berulang kali untuk memastikan pintu terkunci dengan baik.

Orang dengan OCD seringkali merasa terjebak dalam siklus obsesi dan kompulsi yang berulang, dan meskipun melakukan kompulsi memberikan rasa lega sesaat, kecemasan akan kembali muncul dan siklus tersebut akan berulang.

Gangguan Obsesif-Kompulsif dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari, mengganggu hubungan sosial, pekerjaan, dan kualitas hidup seseorang. Penting untuk mencari bantuan profesional jika seseorang mengalami gejala OCD agar dapat diberikan penilaian dan pengobatan yang tepat, yang mungkin melibatkan terapi perilaku kognitif atau penggunaan obat-obatan."

 

Tahun ni, aku masuk 40 tahun, dan aku mula menyedari kelebihan untuk berada dalam keadaan tersusun dan teratur - iaitu untuk mengelakkan kerisauan dan mengelakkan melakukan kerja yang sama berkali kali. Kalau OCD akan melakukan sesuatu pekerjaan berkali-kali dan akan rasa tak selesa apabila dirasanya pekerjaan yang dibuatkany itu kurang sempurna ..

 

Aku pernah jumpa seorang kawan yang  dia akta, kalau dia datang kerja pada esok ahri, dia tahu kalau-kalau barangnya dia terusik, walau sedikit ...  

 

Bagiku, orang begitu menakutkan, sebab aku, hmmm .. selalu lupa barang yang aku dah ada, dan sering lupa keberadaanya. 

 

Kenapa aku cerita pasal organisasi pada pagi ni? Sebabnya pada pagi ni aku hendak menghantar dokumen yang pernah beberapa kali aku buat dan aku lupa di mana aku meletakkannya dalam komputer ni... Malah aku lupa apa nama tajuk dokumen itu ... Aduiiii, kalau lah aku lebih berorganisasi, tersusun, mungkin aku sudah dapat menyiapkan dokumen itu ... aishh, membazir masa dan hanya buat aku kelam kabut sahaja lah

 

p/s - aku dah menjumpai dokumen yang dicari itu, cuma  ejaan pada tajuk salah .. aduii, sebab itu perlu teliti hal-hal yang dianggap semeh sebegini, supaya tidak menyulitkan keadaan di kemudian hari. ...

 

Gambar - sumber google

 

 Ha Ana Dza!: Muwassofat Muslim: Tersusun Urusannya

 

Comments